Rabu, 26 Juni 2013

Prinsip Kerja Protokol - Protokol Electronic Mail


Electronic mail atau biasa disingkat sebagai e-mail, merupakan sebuah metode untuk mengirimkan pesan dalam bentuk digital, pesan ini biasanya dikirim melalui medium internet. Sebuah pesan elektronis terdiri dari isi, alamat pengirim, dan alamat-alamat yang dituju.
Email dapat dianalogikan dengan kotak surat yang ada di kantor POS sedangkan server email dapat diibaratkan sebagai kantor POS. Dengan analogi ini sebuah mail server dapat memiliki banyak account email yang ada di dalamnya.Untuk mengirim sebuah e-mail dari alamat e-mail yang satu ke alamat e-mail yang lain digunakan sebuah protocol (aturan) yaitu Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). 
Protocol SMTP telah menjadi aturan dasar yang disepakati untuk pengiriman e-mail. Dengan demikian semua software e-mail server pasti mendukung protokol ini.
SMTP merupakan protokol yang digunakan untuk mengirimkan e-mail (komunikasi antar mail server), dan tidak digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Sedangkan untuk client, digunakan protokol imap, imaps, pop3, pop3s.


Untuk lebih jelasnya, silakan download di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;