Minggu, 28 April 2013

Burok? Apaan sih Burok itu?

Burok. Makanan macam apa itu Teh? Hahahahaha~ ngga ngga ngga. Itu bukan nama makanan temen-temen, burok adalah salah satu kesenian yang ada di Cirebon. Entah ya di daerah lain ada apa ngga yang kaya begini, tapi tiap kali aku nanya ke temen-temenku yang tinggalnya di luar Cirebon, mereka ga tau lho. Jangan-jangan kamu juga ga tau ya?

Oke.
Burok itu sejenis boneka yang terbuat dari kayu, boneka semacam ondel-ondel gitu lho. Tapi bentuk burok agak unik temen-temen, yakni badannya badan kuda, punya sayap di punggungnya, dan kepalanya berbentuk kepala manusia yang berjubah.

Kalo temen-temen pernah denger cerita Isra' Mi'rajnya Nabi Muhammad SAW, pasti sedikit-sedikit ngerti apa itu burok. Perjalanan Nabi ke langit ngendarain binatang yang namanya Burok. Dan ketika burok dideskripsikan, bentuknya ya kaya yang aku ceritain tadi di atas. Kurang lebih kaya begitu temen-temen.



Kaya yang temen-temen liat di atas, burok umumnya dipake kalo ada acara khitanan. Diarak keliling desa diiringin organ, orang-orangan lainnya kaya misalnya manusia monyet gitu atau badut, terus juga kadang ada singa-singaan. Anak-anak biasanya suka pada naik ke punggungnya burok. Tapi jujur ya temen-temen, seumur-umur aku ga pernah naik burok, takut yakin!

Yap. Itu lah sekilas tentang kesenian khas Cirebon. Kapan-kapan aku ceritain hal lain lagi tentang Kota Udang ini ya temen-temen.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;