Sabtu, 27 April 2013

Tanah Dimana Aku Melihat Dunia

Kota Udang, iya itu sebutan buat kota kelahiranku. Taukah kalian? Yap! Cirebon. Kota Berintan katanya, bersih indah tertib aman. Hmm semoga aja itu bener-bener kejadian ^^

Jadi yang pengen aku ceritain adalah Kota Cirebon.

Cirebon itu kota paling timurnya Jawa Barat, maksudnya? Tentu aja.. Cirebon adalah kota dari Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Makanya bahasa yang dipake di sana bisa dibilang aga aneh. Gimana ga aneh coba? Iya bahasa Sunda, tapi sundanya paling beda sendiri, kenapa? Kasar! Kasar banget.

Contoh bahasa sunda yang biasa diucapin di kehidupan sehari-hari itu kaya gini..
Udin : nyaneh rek kandi, Dang? (kamu mau kemana, Dang?)
Dadang : kami rek ka  si Asep heula sakeudeung. wara heuh! (aku mau ke si Asep dulu sebentar. tunggu ya!)
oke. Asal temen-temen tau aja ya, bahasa kaya gini tuh udah kasar banget buat warga Jawa Barat lainnya. Yakin!

Dan Cirebon juga punya bahasa sendiri. Ya Bahasa Cirebon, apa lagi? Yang khas di bahasa Cirebon adalah kata "Jeh". Misalnya..
Nina : ira liat pensil kita ga? (kamu liat pensil aku ga?)
Reni : tadi dipinjem Dewi jeh.. (tadi dipinjem Dewi)
"Jeh" ga ada artinya, entah disebut apaan itu, hahahaha~

Secara geografis, perbatasan Cirebon  di sebelah utara itu Indramayu sama Laut Jawa, sebelah timur Jawa Tengah, sebelah selatan Kuningan, dan sebelah barat Majalengka. Beda sama kota-kota pada umumnya, letak Kota Cirebon emang iya ada di tengah wilayah Cirebon, tapi berbatasan langsung sama Laut Jawa. Jadi pesisirnya Cirebon ada di kota ^^
Buat lebih jelasnya, bisa diliat gambar di bawah.

Sebenernya banyak banget kalo mau ngomongin soal Cirebon. tapi karena satu artikel kebanyakan buat ngebahas satu kota itu, jadi mendingan cukup sampe di sini dulu bagi-baginya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;